Jumat, 21 Oktober 2016

VOIP Infrastruktur Kelebihan & Kekurangan


Kelebihan VoIP Infrasturktur

  Keunggunlan teknologi VoIP dengan telepon PSTN yang menonjol adalah faktor biaya yang murah. Apalagi untuk organisasi yang besar dan letak geografis kantor yang tersebar antar daerah atau pulau dengan terhubung oleh jaringan intranet ataupun internet. Semakin besar organisasi dengan cabang-cabang di daerah yang telah terhubung dalam jaringan internet ataupun intranet akan terasa besar manfaatnya, terutama untuk menghemat biaya komunikasi antar cabang atau lokasi. Masih ada keuntunganan lain yang dapat dirasakan, Misalnya :

  1. Optimalisasi Pemanfaatan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Infrastruktur jaringan data seperti LAN,WAN dan internet selain untuk jaringan VoIP dapat dibangun pada jaringan data yang ada dengan menambahkan beberapa perangkat keras ataupun lunak pendukung. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  2. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil dari padatelepon biasa. Kemajuan teknologi sekarang ini memungkinkan penggunaan bandwidth yang sangat kecil untuk voice. Teknik pemanfaatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan bandwidth sekitar 8kbps.
  3.  Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP  bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunkasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
  4. Berbagi bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar.
  5. Variasi penggunaan peralatan yang ada ,misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset, laptop smartphone dan sebagainya.


Kekurangan VoIP Infrastruktur

   Terlepas dari keunggulan VoIP yang telah diungkap sebelumnya, VoIP juga memiliki kelemahan diantaranya :
  1. Kualitas jaringan tidak sejernih jaringan PSTN.
  2. Ada jeda dalam komunikasi. Proses perubahan data menjadi suara atau sebaliknya, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kondisi ini tidak terasa jika menggunakan bandwidth yang besar.
  3. Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  4. Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan.
  5. Tidak ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  6. Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/stuck.


0 komentar:

Posting Komentar